Sabtu, 23 Maret 2013

3 Hal penting Untuk Dipertimbangkan ketika Menulis Press Release

internet telah memungkinkan bagi PR professional untuk menjangkau audience secara langsung dan lebih luas. Tidak hanya media, kini situs berita dan para blogger juga seringkali menggunakan press release yang Anda distribusikan dalam membuat cerita mereka. Sekarang waktunya Anda untuk mempertimbangkan mereka yang akan membaca press release Anda, dan mereka yang Anda tuju.
Berikut adalah 3 hal penting untuk dipertimbangkan ketika menulis press release dan timing yang tepat untuk mengirimkannya:
- Nilai berita. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
- Relevansi
- Efek / Konsekuensi atau Akibat (pada pelanggan, masyarakat, masyarakat umum, dll)
- Efek / Manfaat (untuk perusahaan Anda dan merk atau perusahaan dan merk yang Anda wakili)
- Pentingnya (yang dapat berhubungan dengan relevansi)
- Ketepatan waktu (yang juga dapat berhubungan dengan relevansi)
- Optimasi untuk Internet. Ini melibatkan beberapa hal:
- Kata kunci optimasi. SEO (search engine optimization) adalah bagian penting dari apa pun yang Anda publikasikan di Internet. Memastikan bahwa press release Anda akan muncul di hasil pencarian dari jutaan pengguna internet yang mencari dengan Google, Yahoo!, atau Bing dapat sangat meningkatkan jangkauan audiens Anda dan lalu lintas situs. Anda dapat menemukan beberapa tips untuk SEO:
Judul. Ini memerlukan sedikit pemahaman mengenai SEO juga, tapi lebih penting lagi, menarik serta jelas bagi pembaca. Pastikan judul press release Anda ringkas, jelas, dan kreatif.
Judul/Caption Foto. Anda tentu seringkali menyertakan photo op dari event Anda, untuk itu setiap foto perlu pengoptimalan kata kunci. Gunakan kata kunci yang sama dengan yang Anda gunakan di dalam press release.
- Gaya dan bentuk. Hal-hal yang harus ditemukan dalam sebuah press release
Tanggal. Ini bisa menjadi tanggal yang akan datang, atau hari Anda mengirimkan press release. Jika Anda mengirim untuk dipublikasikan pada tanggal tertentu pastikan Anda mencantumkannya dengan jelas.
Jawaban untuk pertanyaan berikut: siapa, apa, kapan, di mana, dan mengapa. Ini mencakup karakteristik di atas untuk menjadi berita: apa yang terjadi, yang tidak mempengaruhi, mengapa berita ini "berita", ketika itu terjadi, dan di mana. Informasi yang paling relevan harus berada di atas rilis berita, ini akan membantu pembaca dan orang-orang Anda pitch untuk mendapatkan inti dari berita Anda dan supaya memahami mengapa hal itu adalah berita penting.
Boilerplate. Ini adalah di mana Anda secara singkat dapat menggambarkan perusahaan Anda, apa yang Anda lakukan, dan siapa Anda. Ini juga merupakan tempat untuk menggambarkan setiap perusahaan yang bekerja sama dengan perusahaan Anda. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan teknologi mengambil klien baru, jelaskan perusahaan Anda dan perusahaan mereka juga.
Terakhir, Anda akan perlu menyesuaikan tone dari press release Anda, tergantung keperluan dan siapa yang Anda tuju dan jenis publikasi yang Anda pitching. Tentunya orang yang tahu banyak tentang industri Anda akan menginginkan informasi berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat umum.
Kunci keberhasilan lain dari press release adalah menjaga kontinuitas. Sekali press release dikirimkan, kita akan mendapat traffic berita dan media coverage yang tidak akan bertahan lama, akan ada banyak berita yang datang dari perusahaan lain. Untuk itu, Anda perlu menjaga agar berita terus bermunculan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar