internet telah memungkinkan bagi PR professional untuk menjangkau audience
secara langsung dan lebih luas. Tidak hanya media, kini situs berita
dan para blogger juga seringkali menggunakan press release yang Anda
distribusikan dalam membuat cerita mereka. Sekarang waktunya Anda untuk
mempertimbangkan mereka yang akan membaca press release Anda, dan mereka
yang Anda tuju.
Berikut adalah 3 hal penting untuk dipertimbangkan ketika menulis press release dan timing yang tepat untuk mengirimkannya:
- Nilai berita. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
- Relevansi
- Ketepatan waktu (yang juga dapat berhubungan dengan relevansi)
- Optimasi untuk Internet. Ini melibatkan beberapa hal:
Berikut adalah 3 hal penting untuk dipertimbangkan ketika menulis press release dan timing yang tepat untuk mengirimkannya:
- Nilai berita. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
- Relevansi
- Efek / Konsekuensi atau Akibat (pada pelanggan, masyarakat, masyarakat umum, dll)
- Efek / Manfaat (untuk perusahaan Anda dan merk atau perusahaan dan merk yang Anda wakili)
- Pentingnya (yang dapat berhubungan dengan relevansi)- Ketepatan waktu (yang juga dapat berhubungan dengan relevansi)
- Optimasi untuk Internet. Ini melibatkan beberapa hal:
- Kata kunci optimasi. SEO (search engine optimization) adalah
bagian penting dari apa pun yang Anda publikasikan di Internet.
Memastikan bahwa press release Anda akan muncul di hasil pencarian dari
jutaan pengguna internet yang mencari dengan Google, Yahoo!, atau Bing dapat sangat meningkatkan jangkauan audiens Anda dan lalu lintas situs. Anda dapat menemukan beberapa tips untuk SEO:
Judul. Ini memerlukan sedikit pemahaman mengenai SEO juga, tapi lebih
penting lagi, menarik serta jelas bagi pembaca. Pastikan judul press release Anda ringkas, jelas, dan kreatif.
Judul/Caption Foto. Anda tentu seringkali menyertakan photo op dari
event Anda, untuk itu setiap foto perlu pengoptimalan kata kunci.
Gunakan kata kunci yang sama dengan yang Anda gunakan di dalam press release.
- Gaya dan bentuk. Hal-hal yang harus ditemukan dalam sebuah press release
Tanggal. Ini bisa menjadi tanggal yang akan datang, atau hari Anda mengirimkan press release. Jika Anda mengirim untuk dipublikasikan pada tanggal tertentu pastikan Anda mencantumkannya dengan jelas.
Jawaban untuk pertanyaan berikut: siapa, apa, kapan, di mana, dan
mengapa. Ini mencakup karakteristik di atas untuk menjadi berita: apa
yang terjadi, yang tidak mempengaruhi, mengapa berita ini "berita",
ketika itu terjadi, dan di mana. Informasi yang paling relevan harus
berada di atas rilis berita, ini akan membantu pembaca dan orang-orang
Anda pitch untuk mendapatkan inti dari berita Anda dan supaya memahami mengapa hal itu adalah berita penting.
Boilerplate. Ini adalah di mana Anda secara singkat dapat menggambarkan
perusahaan Anda, apa yang Anda lakukan, dan siapa Anda. Ini juga
merupakan tempat untuk menggambarkan setiap perusahaan yang bekerja sama
dengan perusahaan Anda. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan teknologi
mengambil klien baru, jelaskan perusahaan Anda dan perusahaan mereka
juga.
Terakhir, Anda akan perlu menyesuaikan tone dari press release Anda,
tergantung keperluan dan siapa yang Anda tuju dan jenis publikasi yang
Anda pitching. Tentunya orang yang tahu banyak tentang industri Anda
akan menginginkan informasi berbeda jika dibandingkan dengan masyarakat
umum.
Kunci keberhasilan lain dari press release adalah menjaga kontinuitas.
Sekali press release dikirimkan, kita akan mendapat traffic berita dan
media coverage yang tidak akan bertahan lama, akan ada banyak berita
yang datang dari perusahaan lain. Untuk itu, Anda perlu menjaga agar
berita terus bermunculan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar